SMK Negeri 5 Majene

Jl. Balai Latihan Kerja KM. 04 Poros Majene Mamuju

Menciptakan Generasi Kreatif, Inovatif dan Mandiri

PROFIL JURUSAN / KOMPETENSI KEAHLIAN SMK NEGERI 5 MAJENE

Selasa, 28 April 2020 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 1865 Kali

TEKNIK ELEKTRONIKA (TEKNIK AUDIO VIDEO)

Jurusan Teknik Audio Video SMK Negeri 5 Majene merupakan jurusan pertama di SMK Negeri 5 Majene, jurusan ini dibentuk seiring dengan berdirinya sekolah ini pada tahun 2005.

Jurusan Teknik Audio Video ini mempelajari tentang perangkat Elektronika khususnya yang berhubungan dengan gambar dan suara seperti TV dan Radio. Jadi pada jurusan ini juga akan mempelajari tentang komponen-komponen yang ada pada perangkat elektronika sampai desain dan gambar rangkaian pada PCB, pembuatan rangkaian, analisis dan perbaikan peralatan elektronika dan listrik rumah tangga. peralatan yang sering digunakan antara lain Obeng, tang, solder, multimeter. Disamping itu pada jurusan ini juga mempelajari tentang perakitan dan instalasi sistem Audio seperti speaker Aktif, Power Amplifier, dll.

Program Studi Teknik Elektronika bertujuan menghasilkan tenaga terampil yang mampu merancang perangkat lunak dan perangkat keras dalam teknik elektronika dan mengaplikasikan, memelihara dan memperbaiki peralatan pengendali elektronika dan komputer.

Tujuan Program Keahlian Teknik Audio Video adalah membekali peserta didik dengan ketrampilan, pengetahuan, dan sikap agar :
  1. Peserta didik memiliki keahlian dan ketrampilan dalam program keahlian teknik audio video sehingga dapat bekerja secara mandiri atau mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan dunia industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah.
  2. Peserta didik mampu memilih karir, berkompetisi, dan mengembangkan sikap profesional dalam program keahlian teknik audio video / Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video.
  3. Bertujuan mencetak tenaga terampil di bidang Elektronika khususnya audio video seperti desain layout rangkaian elektronika, pembuatan dan instalasi rangkaian, trouble shooting dan reparasi serta analisis.

 

TEKNIK KETENAGALISTRIKAN (TEKNIK INSTALASI PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK)

Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik merupakan jurusan kedua di SMK Negeri 5 Majene, jurusan ini mulai dibuka pada tahun 2006.

Jurusan ini mempelajari tentang kelistrikan yakni tentang perencanaan dan pemasangan instalasi penerangan dan tenaga baik pada bangunan sederhana maupun bangunan bertingkat, juga terkait pemasangan dan pengoperasian instrumen pengukuran listrik dan pengontrolan motor dengan kendali elektromagnetik, elektronik dan PLC, perawatan dan perbaikan peralatan listrik rumah tangga dan pendingin dan motor listrik.

Jurusan Teknik Ketenagalistrikan bertujuan menghasilkan tenaga terampil dengan keahlian dan ketrampilan dalam Perencanaan dan Pemasangan Instalasi Penerangan dan Tenaga; Pemasangan dan pengoperasian motor listrik dengan kendali Elektromekanik, Elektronik dan PLC (Programable Logic Controller); Merawat dan memperbaiki Alat listrik rumah tangga, motor listrik serta Teknik Pendingin, serta menggulung ulang motor listrik; agar lulusannya dapat bekerja, baik secara mandiri maupun di dunia industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah.

Tujuan Program studi teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik SMK Negeri 5 Majene adalah membekalii peserta didik dengan keterampilan dan pengetahuan dan sikap agar :

  1. Peserta didik memiliki keahlian dan ketrampilan dalam program keahlian teknik instalasi pemanfaatan tenaga listrik sehingga dapat bekerja secara mandiri atau mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan dunia industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah.
  2. Peserta didik mampu memilih karir, berkompetisi, dan mengembangkan sikap profesional dalam program keahlian teknik ketenagalistrikan/ Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan tenaga listrik.
  3. Bertujuan mencetak tenaga terampil di bidang ketenalistrikan khususnya dalam perencanaan dan pemasangan instalasi listrik penerangan dan tenaga pada bangunan sederhana dan bertingkat, pemasangan dan pengoperasian motor listrik dan PLC, serta perawatan dan perbaikan peralatan listrik rumah tangga, dan motor listrik.

 

 

TEKNIK OTOMOTIF (TEKNIK KENDARAAN RINGAN OTOMOTIF)

Teknik Kendaraan Ringan Otomotif merupakan jurusan ketiga di SMK Negeri 5 Majene mulai dibuka pada tahun 2007.

Teknik Kendaraan Ringan Otomotif merupakan kompetensi keahlian dibidang Teknik Otomotif yang menekankan keahlian pada bidang penguasaan jasa perbaikan kendaraan ringan.  Kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan menyiapkan peserta didik untuk bekerja pada pekerjaan jasa perawatan dan perbaikan didunia usaha / industri.

Tujuan Umum Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif Menyiapkan peserta didik memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap agar :
1.Peserta didik memasuki lapangan kerja serta dapat mengembangkan sikap profesional dalam lingkup keahlian Teknik Mekanik Otomotif
2. Peserta didik  mampu memilih karir, mampu berkompetisi dan mampu mengembangkan diri dalam lingkup Teknik Mekanik Otomotif
3. Menjadi tenaga kerja tingkat menengah untuk mengisi kebutuhan dunia usaha dan industri pada saat ini maupun masa yang akan datang dalam lingkup keahlian Teknik Mekanik Otomotif
4. Menjadi warga negara yang produktif, adaptif dan kreatif.

B. Tujuan Khusus Teknik Kenderaan Ringan :

Program Keahlian Teknik Otomotif Kompetensi Teknik Kendaraan Ringan sebagai bagian dari pendidikan menengah, bertujuan menyiapkan peserta didik / tamatan :

  1. Untuk memasuki lapangan kerja mekanik otomotif serta mengembangkan sikap profesional dalam bidang Teknik Kenderaan Ringan.
    2. Menyiapkan siswa agar mampu memilih karir, mampu berkompetisi dan mampu mengembangkan diri dalam lingkup keahlian teknik otomotif, khususnya teknik Kendaraan Ringan
    3. Menyiapkan siswa untuk mengisi tenaga kerja tingkat menengah yang mandiri (bekerja untuk dirinya sendiri) dan untuk mengisi kebutuhan dunia kerja yang berkaitan dengan teknik Kenderaan Ringan.
    4. Menyiapkan tamatan agar menjadi warga Negara yang produktif, adaptif dan kreatif khususnya yang berkaitan dengan teknik Kendaraan Ringan.

TEKNIK BANGUNAN (DESAIN PEMODELAN DAN INFORMTASI BANGUNAN)

Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan adalah jurusan keempat yang dibuka di SMK Negeri 5 Majene pada tahun 2007, nama program keahlian awalnya adalah Teknik Gambar Bangunan dan pada tahun 2020 berubah menjadi Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan.

Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan adalah jurusan yang mempelajari tentang perencanaan bangunan, pelaksanaan pembuatan gedung dan perbaikan gedung. Kegiatannya adalah belajar menggambar rumah, gedung dan apartemen, menghitung biaya bangunan, melaksankan pembangunan dan memelihara kontruksi bangunan.

Tujuan Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten:

  1. Melakukan pekerjaan sebagai Drafter/Juru Gambar dalam pekerjaan perencanaan bangunan
  2. Melakukan pekerjaan sebagai Drafter/Juru Gambar dalam pekerjaan pelaksanaan bangunan
  3. Melakukan pekerjaan jasa penggambaran bangunan secara mandiri / berwirausaha di Studio Gambar

Adapun Kompetensi yang dipelajari antara lain :

  1. Dasar-dasar gambar teknik
  2. Teknik pengukuran tanah
  3. Menggambar dengan perangkat lunak (komputer)
  4. Menggambar konstruksi gedung
  5. Menggambar konstruksi jalan dan jembatan
  6. Menghitung anggaran biaya bangunan

TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA (MULTIMEDIA)

Multimedia merupakan jurusan ke lima yang dibuka di SMK Negeri Majene yang pada tahun 2008 pada masa kepemimpinan Drs. Syamsuddin A sebagai kepala sekolah saat itu.

Tujuan Jurusan:

Menghasilkan tenaga pelaksana di bidang teknis periferal grafis yang memiliki keterampilan, pengetahuan, dan sikap sebagai tenaga pelaksana yang bertanggung jawab terhadap pekerjaan dan mampu menghadapi kemajuan teknologi yang berlandaskan Iman dan Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam:

  1. - Mengembangkan citra dan animasi digital
  2. - Mengembangkan laman (web) interaktif
  3. - Merekam dan menyunting audio-video
  4. Mengembangkan aplikasi multimedia interaktif

 

Adapun bidang yang dapat ditekuni pada jurusan ini antara lain :

  • Desain Grafis dan Ilustrasi
  • Audio atau Musik
  • Game Design
  • 3d Designer dan Animator
  • Film
  • Web Design and Development
  • Fotografi

 

TEKNIK KETENAGALISTRIKAN (TEKNIK PENDINGIN DAN TATA UDARA)

Program keahlian Teknik pendingin dan tata udara adalah program keahlian ke enam yang dibuka di SMK Negeri 5 Majene sekaligus menjadi program keahlian termuda di sekolah ini.

Kompetensi Lulusan :

  1. Melaksanakan Pekerjaan Secara Aman
  2. Mengukur Besaran Listrik & Udara
  3. Memeriksa Fungsi & Performance Peralatan
  4. Mengisi Refrigerant Mesin Pendingin
  5. Menggambar Sistem Instalasi Pemipaan Refrigerant
  6. Sistem Bilangan & sistem Logika Gerbang
  7. Mengoperasikan & Melayani Cold Storage, Pabrik Es Komersil
  8. Merawat & Memperbaiki Ventilasi Udara
  9. Merawat & Memperbaiki Kompresor Mesin Pendingin
  10. Membaca Gambar Sistem Pemipaan Refrigerasi
  11. Menggambar Sistem Ducting Teknik Pendingin
  12. Mengontrol Sistem Kelistrikan, Mekanik Refrigerasi
  13. Pemograman Sistem Refrigerasi Secara Elektronik
  14. Merawat dan Memperbaiki Alat Penukar Kalor
  15. Merawat dan Memperbaiki Mesin Pendingin
  16. Pengoprasian & Melayani Cold Storage
  17. Penerapan Mikro Kontoler Pada Sistem Refrigerasi

Bidang Pekerjaan Lulusan :

  1. Teknisi sistem refrigerasi untuk transfortasi darat dan laut
  2. Service Center Mesin Pendingnan dan Tata Udara
  3. Kontraktor Pembangunan dan Perawatan Gedung
  4. Industri Pengguna Alat Pneumatic
  5. Pabrik Es
  6. Industri Perhotelan
  7. Super Market
  8. Industri Pengolahan Makanan

...

AHMAD A, S.Ag., M.Pd.i

  Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Puji syukur kehadirat Allah SWT, karena atas rahmat dan hidayahnya jualah sehingga Website SMK Negeri…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Bagaimana Tampilan Web ini Menurut Anda

LIHAT HASIL