SMK Negeri 5 Majene

Jl. Balai Latihan Kerja KM. 04 Poros Majene Mamuju

Menciptakan Generasi Kreatif, Inovatif dan Mandiri

Dalami Kurikulum Merdeka - SMK Negeri 5 Majene gelar IHT Kurikulum Merdeka

Kamis, 11 Agustus 2022 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 899 Kali

Dalam rangka pemantapan pelaksanaan kurikulum merdeka di tahun ajaran baru, SMK Negeri 5 Majene mengadakan kegiatan In House Training Kurikulum Merdeka selama 10 hari dimulai dari tanggal 1 s.d 11 Agustus 2022 yang dibuka oleh perwakilan dari Dinas Pendidikan dan kebudayaan Provinsi Sulawasi Barat yakni ibu Kepala Bidang PTK Dinas Pendidikan dan kebudayaan Provinsi Sulawesi Barat ibu Irma Trisnawati, dimana dalam sambutannya beliau sangat mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh SMK terutama yang berkaitan dengan inovasi dan kereatifitas SMK dalam menunjukkan eksistensinya sebagai sekolah vokasi. beliau sangat berharap SMK di Sulawesi Barat dapat menciptakan produk2 kreatif dan berdaya guna sebagai salah satu bentuk pengabdian dan pembuktian kepada masyarakat bahwa SMK memang bisa dan hebat. dalam pembukaan kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kepala Cabang Dinas Wilayah I Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Barat, Ketua Komite SMK Negeri 5 Majene dan segenap tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang ada di SMK Negeri 5 Majene.

Kepala SMK Negeri 5 Majene Rosanna, S.Pd., M.Pd menyampaikan bahwa kegiatan IHT tersebut dilaksanakan sebagai salah satu kegiatan SMK Pusat Keunggulan dimana SMK Negeri 5 Majene merupakan salah satu sekolah Pusat Keunggulan lanjutan di bidang Kerjasama Luar Negeri program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listirk tahun 2022, dimana pada tahun 2021  juga menjadi SMK PK KLN bidang listrik, juga pada tahun 2021 menjadi SMK COE bidang yang sama.

kepala SMK Negeri 5 Majene  menambahkan bahwa IHT ini merupakan  pelatihan internal sekolah untuk meningkatkan kompetensi guru dalaam rangka IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka ) dalam membentuk profil pelajar Pancasila . dan menurut ketua panitia Basir, S.Ag., M.Pd.I dalam laporannnya bahwa IHT ini bertujuan untuk memperkuat komitmen seluruh warga sekolah baik Pendidik dan Tenaga Pendidik untuk bersama sama meningkatkan kinerja dan kompetesi serta kedisiplinan dan sekaligus penyusunan perangkat pembelajaran.

Pemateri dari IHT adalah sebagai berikut :

  1. Narasumber dari Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Barat
  2. Narasumber dari BPMPV KPTK Gowa
  3. Komite Pembelajaran SMK Negeri 5 Majene tahun 2022

Komite Pembelajaran tersebut terdiri dari 7 orang yakni Pengawas SMK, Kepala sekolah dan 5 orang guru yang telah mengikuti kegiatan pelatihan Komite Pembelajaran yang dilatih langsung oleh narasumber dari Balai yang telah ditunjuk oleh kementerian pendidikan sebagai pelaksana kegiatan pelatihan komite pembelajaran yang berlangsung selama 14 hari. komite pembelajaran tersebut diharapkan dapat meneruskan ilmu yang telah dipelajari sebelumnya untuk mengimbaskan dan share ilmunya kepada peserta IHT di sekolah masing-masing. 

Untuk efektifitas dan mendukung pemahaman materi panitia pelaksana menyusun jadwal IHT tersebut dengan memperhitungkan urgensi dan kebutuhan waktu tiap materi sehingga benar-benar mampu dipahami oleh para  peserta dan dapat diaplikasikan dalam pembelajaran juga pada kegiatan administratif bagi guru yang terejawantahkan dalam bentuk konversi CP  menjadi Tujuan Pembelajaran, Alur Tujuan Pembelajaran dan Modul ajar menjadi sebuah dokumen guru mata pelajaran. Materi dalam IHT tersebut sebagai berikut :

  1. Kebijakan orientasi SMK Pusat Keunggulan dan Pelatihan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudyaaan Provinsi Sulawesi Barat
  2. Platform teknologi Prioritas oleh Kepala SMK Negeri 5 Majene
  3. Penyusunan KOSP oleh Komite Pemebelajaran (Wakasek Kurikulum SMK Negeri 5 Majene Basir, S.Ag., M.Pd.I)
  4. Analisis Capaian Pembelajaran oleh Komite Pembelajaran (Rosdiana, S.Pd)
  5. Perencanaan Berbasis data dan pengelolaan sumber daya sekolah Oleh Komite Pemebelajaran (Pengawas SMK ibu Andi Siti Nur Any, S.Pd., M.Pd)
  6. Perancangan Pembelajaran bagian 1 Tujuan Pembelajaran dan Alur Tujuan Pembelajaran Oleh Komite Pemebelajaran(Pengawas SMK ibu Andi Siti Nur Any, S.Pd., M.Pd) 
  7. Perancangan Pembelajaran bagian 2 Modul Ajar Oleh Komite Pemebelajaran (Pengawas SMK ibu Andi Siti Nur Any, S.Pd., M.Pd)
  8. Perancangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila oleh Komite Pemebelajaran (Wakasek Kurikulum SMK Negeri 5 Majene Basir, S.Ag., M.Pd.I)
  9. Platform Teknologi LMS dan PMM oleh Komite Pembelajaran (Mukhtar, S.Pd., MM)
  10. Belajar ID oleh Komite Pemebelajaran (Rosdiana, S.Pd)
  11. Pengembangan Komunitas Praktisi oleh Komite Pemebelajaran (Darmawati, S.Pd)

Adapun peserta pada kegiatan IHT ini adalah seluruh guru yang mengajar pada kelas X, perwakilan guru kelas XI dan beberapa utusan dari sekolah imbas yakni :

  1. 1 orang guru dari SMK Negeri 2 Majene,
  2. 1 orang guru dari SMK Negeri 1 Majene
  3. 1 orang guru dari SMK Negeri 3 Majene
  4. 1 orang guru dari SMK Megalink
  5. 1 orang guru dari SMK Negeri 8 Majene

Kepala SMK Negeri 5 Majene berharap seluruh peserta dapat mengikuti dan memanfaatkan fasilitas yang diberikan oleh pemerintah tersebut dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan kualitas sumber daya manusia yang ada di sekolah sehingga kualitas Sekolah juga dapat lebih meningkat bersama sekolah-sekolah yang ada di sulawesi barat dan di daerah lain di Indonesia.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT